Kamis, 21 Maret 2013

Tips Menghilangkan Jerawat


Cara Menghilangkan Jerawat Alami

Terjadinya jerawat akibat aktifnya kelenjar minyak dibawah kulit. Keaktifan ini dirangsang oleh hormon androgen (hormon pertumbuhan) yang meningkat saat seseorang dalam masa pubertas. Jerawat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain kebiasaan makan yang kurang baik, seperti mengonsumsi makanan berlemak dan pedas serta minum-minuman yang mengandung alkohol. Cara menghilangkan jerawat alami adalah salah satu jalan yang baik untuk menghilangkan jerawat.
cara menghilangkan jerawat 2 300x199 Cara Menghilangkan Jerawat Alami
Jerawat memang sangat menjengkelkan karena sangat menganggu penampilan. Belum lagi rasanya yang gatal dan nyeri. Jerawat memiliki ukuran yang kecil, berupa tonjolan dipermukaan kulit wajah dan berwarna kemerahan. Jerawat terjadi akibat penumpukan kelebihan minyak yang menyumbat pori-pori dan terkontaminasi bakteri. Hal ini lebih sering terjadi pada wajah yang berpori-pori besar. Beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat antara lain :
  • Stres
  • Keturunan dari orangtua
  • Aktivitas hormon
  • Kelenjar minyak yang berlebihan
  • Bakteri di pori-pori kulit
  • Iritasi kulit atau karena digaruk
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis, yaitu dengan hanya mengiris daun jeruk nipis tersebut dengan tipis dan menggosokannya pada wajah yang berjerawat.
Cara lain menghilangkan jerawat adalah setengah siung bawang putih, kunyit sebesar ibu jari, dan sebutir kentang ukuran sedang, bisa pula ditambahkan mentimun dan lidah buaya. Semua bahan diparut menggunakan parut yang sudah dilapisi plastik untuk mengurangi air yang keluar. Hasil parutan dicampur hingga merata, selanjutnya digunakan untuk masker selama setenagh jam. Pemakaian sebaiknya dihentikan jika kulit sudah terasa panas akibat bawang putih. Setelah itu dibilas dengan air hangat dan disusul dengan air dingin.
Untuk cara menghilangkan jerawat alami, umbi kentang dikupas, cicuci, dan diiris-iris.Bagian muka yang berjerawat dibersihkan, kemudian ditempeli dengan irisan kentang dan dibiarkan hingga warna kentang menjadi kelabu. Terapi tersebut diulang menurut kebutuhan.

1 komentar: